siesca mega

Jumat, 14 Oktober 2011

Manusia & Keindahan

              Bagi kita Keindahan itu sebuah kata yang tak asing bagi kita lagi. Sering sekali kita mendengar orang mengatakan kata Keindahan. Kata keindahan sendiri sebenarnya berasal dari kata indah yang berarti bagus, permai, elok, molek, dan lain-lain. Keindahan sendiri itu suatu konsep yang abtrak, karena tidak dapat dinikmati secara jelas. Kecuali konsep tersebut tertuang dalam sebuah yang memili wujud atau sebuah karya. 
  • Keindahan dalam arti Luas di Bedakan Menjadi beberapa pengertian, yaitu
1. Keindahan dalam Arti Luas

Keindahan berasal dari bahasa yunani yang di dalamnya tercakup pula kebaikan. Bberapa tokoh berpendapat mengenai arti keindahan. Plato misalnya yang menyebut keindahan itu tentang watak yang dan hukum yang indah. Kemudian Aristoteles merumuskan jika keindahan itu sesuatu yang baik dan juga menyenangkan. Sedangkan Plotinus, dia menulis tentang ilmu yang indah serta kebaikan yang indah. Jadi dapt di simpulkan bahwa pengnertian indah seluas-luasnya meliputi : keindahan alam, keindahan moral, keindahan intelektual.


2. Keindahan Dalam Arti Estetik Murni
Dalam arti estetik keindahan di artikan sesuatu yang menyangkut pengalaman dari seseorang dalam hubunganya menyangkut semua yang di serapnya.


3. Keindahan Dalam Arti Terbatas
Keindcahn lebih di sempitkan sehingga hanya menyangkut bendaa-benda yang di serapnya dengan bantuan alat indra yaitu penglihatan yang berupa warna dan bentuk.




  • Nilali Estetik
Ada sebuah teori yang menjelaskan bahwa pengertian keindahan itu di artikan sebagai salah satu jenis nilai seperti nilai yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari,(nilali moral, nilai ekonomik, nilai pendidikan,dsb). Nilai estetik sendiri berarti suatu nilai yang berhubungan denagn segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan. Nilai dapat di percaya jika nilai tersebut sudah terbukti kebenarannya. Nilai ada 2 macam yaitu :
a. nilai ekstrensik adalah nilai yang  bersifat sebagai alat dan membantu.
b. nilai instrinsik adalah nilai yang mempunyai sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai tujuan, maupun demi kepentingan sendiri.


  • Sebab-sebab manusia menciptakan keindahan 
a. tata nilai yang telah usang
b. kemrosotan zaman
c. penderitaan manusia
d. keagungan tuhan
e. pengalaman pribadi


  • Renungan


Kata renungan berasal dari kata renung yang berarti memikirkan sesuatu sampai dalam-dalam. Ada yang mengatakan jika kita terlalu memikirkan sesuatu sampai dalam, semua itu akan di rifres ke dalam alam bawah sadar kita atu yang biasa kita sebut sebagai mimpi. Renungan itu merupakan hasil dari kita merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberap teori antara lain :Teori pengungkapan, teori  Metafisika, dan teoro Psikologis. 





Sumber : Buku panduan IBD  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar