siesca mega

Senin, 10 Oktober 2011

Manusia & Cinta Kasih

Dalam kamus Bahasa Indonesia ....
Cinta adalah rasa suka,sayang,kasih atau tertarik kepada sesorang. Sedangkan kata kasih adalah perasaan sayang atau cinta atau menaruh rasa belas kasih. Cinta dan kasih pada dasarnya sama akan tetapi kata kasih memperkuat arti dari cinta.
Perbedaan antara cinta dan kasih yaitu cinta lebih mengandung pengertian rasa yang amat mendalam sedangkan kasih itu sebuah pngungkapan rasa sayang buat orang yang dicintai. Banyak orang yang berasumsi bahwa cinta itu nafsu...
Tpy sebenarnya cinta itu bukan nafsu, disini akan saya jelaskan beberapa perbedaanantara cinta dan nafsu, antara lain :
  • cinta itu lebih bersifat manusiawi
  • cinta bersifat rokhaniyah, nafsu bersifat jasmaniah
  • cinta itu memberi, nafsu lebih cenderung menuntut
Ada 3 jenis cinta, yaitu :

1.Cinta kepada tuhan  
Sebagai makhluk ciptaan tuhan sudah sepatutnya kita bersyukur kepada allah, karena tanpa restunya kita semua tidak mungkin ada di dunia ini. kita di ciptakan dalam kadaan & kondisi yang sangat sempurna, dengan di lengkapi akal pikiran dan hawa nafsu yang tentu tidak di iliki oleh makhluk ciptaan allah lainnya. Oleh karena itu kita harus mencintai & bersyukur terhadap semua ciptaan allah yang maha kuasa.

2.Cinta kepada orang tua
Tanpa kedua orang tua kita dan tentunya allah yang berkehendak, kita semua tidak akan tercipta dan ada di dunia ini seperti sekarang ini. subkhanalah, begitu sabar tak pernah mengeluh orang tua kita membimbing dan menjjaga kita. Dari kita 9 bulan di kandungan sampai kita besar seperti ini, mereka tak pernah mengeluh ataupun menyesal telah melahirkan kita ku dunia ini. Orang tua kita sebenarnya tak pernah menuntut supaya kita memenuhi apa yang menjadi angan" mereka. mereka hanya mengharapkan agar anaknya itu bahagia dan mendapatkan hidup yang lebih baik dari mereka. Sayangilah kedua orang tua kita dan buat mereka bangga tarhadap apa yang kamu lakukan & jangan buat mereka malu ataupun kecewa hanya gara" perbuatan kita.

3. Cinta kapada sesama
Sebagai makhluk sosial kita tidak bisa hidup tanpa campur tangan orang lain. Allah itu maha adil, yang telah menciptakan kita semua secara berpasangan. ada miskin ada kaya, ada laki" ada perempuan. sudah sepantasnya kita saling mengasihi dan menyayangi sesama manusia. jangan saling menyakiti, karena kita tentu tau bukan disakiti itu seperti apa rasanya. 
 1. kasih sayang
Kata kasih dan sayang itu mengandung pengertian yang sangat luas. Dan yang pasti setiap insan manusia perlu tahu dan mengerti apa makna kasih sayang yang sebenarnya, sekaligus memilikinya di dalam sanubari. Seseorang akan terlanda kekeringan jiwa jika hidup tanpa memiliki kasih maupun sayang. Apapun yang terjadi, pasti dia akan selalu ingin cintai sekaligus mencintai orang lain. Dari pertama kali lahir di dunia sampai ajal menjemput.

Yang dimaksud dengan kasih dan sayang di sini bukan sekadar hubungan cinta atau asmara antara seorang laiki-laki dan perempuan saja. Namun lebih bersifat universal. Sehingga hal ini bisa terjadi terhadap sahabat, saudara, keluarga dan lain-lain. Dan yang perlu ditekankan adalah, bahwa kasih dan sayang yang tulus itu selalu punya sifat yang ikhlas dan lebih banyak memberi daripada menerima. Kepentingan diri sendiri sering dinomor duakan demi memberi kebahagiaan pada orang yang dikasih dan disayanginya.

2. Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.

Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:

  • Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
  • Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
  • Kemesraan Manusia Usia Lanjut, Kemsraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya.
 Pemujaan

Pemujaan berasal dari kata puja yang berarti penghormatan atau tempat memuja kepada dewa – dewa atau berhala. Dalam perkembangannya kemudian pujaan ditujukan kepada orang yang dicintai, pahlawan dan Tuhan YME. Pemujaan kepada Tuhan adalah perwujudan cinta manusia kepada Tuhan, karena merupakan inti , nilai dan makna dari kehidupan yang sebenarnya.
Cara Pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat pemujaan merupakan tempat komunikasi manusia dengan Tuhan. Berbagai seni sebagai manifestasi pemujaan merupakan suatu tambahan tersendiri dalam terciptanya kehidupan yang lebih indah.
sumber : buku panduan IBD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar