siesca mega

Jumat, 23 November 2012

jejaring sosial

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
 http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial
 Dengan berkembangnya teknolgi internet sekarang ini membuat kita semua di mudahkan dalam berkomunikasi dengan orang-orang terdekat kita melalui jejaring sosial yang tersedia. jejaring sosial yang membuat kita semakin asyik dan sangat menikmati dengan berkembangnya teknologi jaman sekarang. jejaring sosial selain di gunakan sebagai ajang bermain juga ada yang menggunakannya sebagai lahan bisnis online yang sedang buming sekarang ini. manfaat atau tidak tergantung kita yang menggunakannya untuk apa. 
perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat kita lebih mudah dalam mengapresiasikan apa yang ada dalam fikiran kita. akan tetapi sering kali kita terjebak sendiri dalam dunia tersebut. contohya banyak sekali kasus yang terjadi blakangan ini tentang berita orang hilang yang di sebabkan karena perkenalan lewat dunia maya (facebook). gampang sekali kita tergiur oleh orang yang tidak kenal atau baru kenal sekilas memalui jejaring sosial tersebut. dengan kasus tersebut seharusnya kita lebih bisa hati-hati dalam memilih teman juga jangan mudah percaya dengan orang yang belum kenal serta menggunakan teknologi yang sudah berkembang ini dengan baik sesuai dengan kebutuhan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar